Dalam kamus
bahasa Indonesia KBBI, blog adalah catatan harian atau jurnal pribadi di
internet yang bisa diakses oleh siapa saja. Blog merupakan singkatan dari weblog yang merupakan salah satu website atau jurnal online yang memuat tampilan atau informasi dari berbagai sumber serta memuat konten seperti
artikel, teks, foto, video, dan link
(tautan). Ada banyak platform yang
dapat digunakan untuk membuat blog baik yang gratis maupun berbayar.
Setiap orang dapat
membuat blog, bahkan lebih dari satu akun. Blog dapat digunakan untuk
kepentingan sendiri sebagai sarana menulis apapun baik yang dipikirkan,
dirasakan, dilihat, maupun yang dialami. Blog peribadi juga diisi dengan
tulisan yang tidak terkait dengan aturan penulisan, aturan kebahasaan, dan
aturan apapun yang mengikat tata cara menulis. Akun pribadi ini digunakan untuk
mengekspresikan diri sendiri.
Setiap
kegiatan yang ditulis di internet boleh jadi bisa disebut blog. Tapi mungkinkah
catatan harian boleh semua orang tahu? Tentu saja boleh kalau sudah ditilis di
internet. Yang mungkin orang lain tak boleh tahu adalah buku harian. Biasanya
buku harian berisi catatan yang hanya penulisnya yang boleh tahu. Sangat
rahasia.
Menulislah
setiap hari, buktikan apa yang terjadi, Om Jay. Bahwa setiap orang di zaman
sekarang tak pernah ketinggalan komen di medsos. Bukankah itu menulis? Bukankah
itu catatan harian? Bukankah dimuat di internet? Jawabannya, ya. Tetapi yang
dimaksud blog, bukan tulisan yang demikian itu. Blog merupakan sebuah wadah
yang digunakan untuk menulis.
Selain mengekspresikan
diri, blog juga dapat digunakan untuk kepentingan bisnis. Kunci utama bisnis
adalah pemasaran. Menggunakan blog sebagai sarana pemasaran merupakan salah
satu langkah pemasaran digital. Di zaman teknologi informasi sekarang ini
teknik digital menjadi sarana utama dalam melangkahkan bisnis yang berorientasi
ke depan. Lewat teknik SEO, penulis dapat memanfaatkan pemasaran terdepan.
Karena dengan teknik tersebut akan menjadikan konten yang ditulis menempati
ranking depan dalam mesin pencarian.
Disamping kedua
kepentingan di atas masih ada kepentingan lain yang dapat diraih dengan
menggukanan blog. Apapun profesi penulis dapat menggunakan blog sebagai sarana
kepentingan keprofesionalannya.
Mengapa
menulis di blog? Menulis di blog sangat efektif untuk menunjukkan diri sebagai
penulis, juga bermanfaat untuk:
1. Meningkatkan Jati Diri
Apabila penulis dapat memanfaatkan
teknik SEO secara benar, maka akan dapat meningkatkan brand awareness. Artikel-artikel yang ditulis di blog bisa menempati posisi tawar yang
tinggi sehingga dapat menempatkan jati diri
pada trafik yang tinggi.
2. Mempublikasian Diri
Biasanya seseorang yang membuat
konten di internet pasti mengehendaki banyak pengunjung. Blog gratisan
merupakan sarana yang efisien untuk mendapatkan pengunjung melalui metode organic
search tanpa harus memasang iklan maupun menggunakan teknik SEM (Search
Engine Marketing).
3. Terkini
Aktualisasi diri perlu dilakukan
oleh setiap bloger agar dapat dikenal oleh netizen. Dengan mengaktualisasikan
dan mengkinikan informasi utamanya untuk personal identity akan menjangkau pembaca
yang lebih uas.
Ada beberapa
tip agar postingan diblog banyak
dikunjungi pembaca.
1.
Lakukan Riset Keyword untuk Artikel Blog
Langkah ini dilakukan untuk
menentukan kata kunci dari artikle blog yang dipublikasikan. Dalam hal ini
penulis harus mengetahui sesuatu yang paling dcari pada saat memposting
tulisan. Memperhitungkan peta persaingan dengan kata kunci yang digunakan. Dengan
kata kunci yang tepat maka tulisan akan berada pada posisi atas di mesin
pencarian.
2.
Buat Konten yang Berkualitas
Apapun tulisan dan dengan tujuan
apapun juga, namun tulisan yang dimuat haruslah berkualitas. Olehkarena itu,
tulisan harus asli, headline yang
kuat, isinya bisa memberi jawaban, informasinya akurat, engaging content, dilengkapi dengan gambar dan video, dan kontennya pendek dan
meruncing.
3.
Pakai Judul yang Unik
Menggunakan angka sebagai judul,
misalnya. Tetapi angka yang digunakan utamakan yang ganjil dan kurang dari agka
9. Angka ganjil disinyalir mudah dicernak, tetapi sulit menerima informasi
dengan jumlah lebih dari 9.
4.
Pakai Strategi Internal Link
Internal link adalah link
dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu website yang sama. Internal link merupakan bagian dari pembahasan SEO.
5.
Lakukan Link Building
Link Building adalah sebuah penanaman link atau tautan di berbagai situs lain yang kemudian akan mengarahkan
URL tersebut ke URL milik Anda dengan beragam keyword sesuai dengan kebutuhan.
6.
Share Konten di Media Sosial
Tulisan yang dimuat di blog, juga
dimuat di akun di media sosial penulis. Atau bisa dilakukan dengan link building di atas.
7.
Aktif di Situs Tanya Jawab
Untuk bisa dikenal oleh sesama penulis
di internet, akan lebih efektif jika sering bertanya jawab sehingga secara
tidak langsung berkenalan dengan sesama penulis.
8.
Melakukan Blogwalking
Blogwalking adalah suatu kegiatan berkunjung ke
blog orang lain untuk tujuan khusus. Umumnya, blogwalking dilakukan saat seorang blogger sedang mencari ide
konten di blognya. Blogwalking juga
dilakukan sebagai sarana untuk bersosialisasi dengan sesama blogger.
Jadi untuk
menjadi bloger tak serumit yang dibayangkan.
Sumber
https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-blog/
https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-riset-keyword/
https://www.niagahoster.co.id/blog/internal-link/
http://www.pa-unaaha.go.id/opini/cara-menulis-konten-berkualitas-dan-menarik/70
https://vatih.com/bisnis/cara-membuat-judul/
https://accurate.id/digital-marketing/blogwalking-adalah/
No comments:
Post a Comment
TERIMA KASIH