Setiap
guru adalah penulis. Namun tulisan yang dihasilkan bukan merupakan tulisan yang
bisa menjadi konsumsi pembaca. Atau mungkin tulisannya tidak tersusun menjadi
sebuah karya yang bisa ditularkan kepada pembaca selain dirinya. Ada tingkatan
terkait dengan tulis menulis yaitu :
1.
I won’t do
it.
2. I can’t do it.
3. I want to do it.
4. How do I do it.
5. I’ll try to do it.
6. I can do it.
7. I will do it.
8. Yes, I did it.
Sebagai
guru seharusnya punya motivasi untuk menjadi penulis dan harus sudah menempati
level yang ke-8 yaitu “Yes, I did it”.
Anggap saja sebagai guru sudah mencapai tataran tersbut. Maka selanjutnya perlu
pengetahuan tetang bagaimana sesudah tulisan itu menjadi sebuah naskah yang
pantas untuk dibukukan.
Perlu
diketahui bahwa ada 4 stakeholders
alur yang harus ditempuh. Keempat stakeholders
tersebut adalah penulis, penerbit, penyalur, dan pembaca. Namun perlu diketahui
juga bahwa kempat-empatnya merupakan sebuah ekosistem penerbitan.
Bagaimana
sebuah naskah bisa berubah menjadi buku, tentu malalui serangkaian proses prjalanan
yang pajang.
Proses
(1) Naskah yang sudah jadi, setelah diserahkan kepada penerbit akan dilakukan
peilaian terhadap naskah tersebut layak untuk diterbitkan atau tidak.
Proses
(2) Asumsikan saja bahwa naskah tidak dikembalikan yang berarti diterima oleh
penerbit sehingga penerbit memberitahu kepada penulis bahwa naskah akan
diterbitkan. Penerbit minta softcopy kepada
penulis serta menandatangani surat perjanjian, penerbit menunggu konfirmasi
kesediaan penulis memenuhi permintaan.
Proses
(3) Setelah naskah softcopy yang
diminta disampaikan oleh penulis maka penerbit akan mengedit naskah tersebut. Termasuk
yang diedit adalah berkaitan dengan bahasa (ejaan, tanda baca, istilah), kemudian
men-setting (ukuran buku, ada hiasan
atau tidak, tebal buku, fontasi). Selain itu, ada tim lain yang membuat cover disesuaikan dengan target market.
Proses
(4) Setelah menjalani editing dan setting
dicetak satu naskah proof sebagai
sampel buku yang sama persis dengan buku yang akan dicetak banyak. Naskah proof tersebut dikirim ke penulis supaya
dikoreksi akhir agar tidak ada kesalahan fatal. Bila naskah tinggal proof tetapi diubah total akan memakan
waktu yang lama. Maka kalau mengirim naskah ke penerbit harus yang sudah jadi.
Proses
(5) Proses berikutnya setelah naskah proof
dikoreksi oleh penulis dan dinyatakan final maka dikirim kembali ke penerbit. Penerbit
melakukan koreksi sesuai kemauan penulis dan
akan dibuatkan film yang akan ditempelkan di plat cetak. Satu kateren bisa
8 halaman, 16 halaman, atau lebih, tergantung ukuran buku. Tahap terakhir masuk
ke mesin lipat, dipotong, dibending.
Pada
akhirnya buku yang sudah dicetak akan berakhir di tangan pembaca. Pembacalah yang
akan menilai buku tersebut bermanfaat atau tidak. Paling tidak ada indikator penulis
yang bisa dikatakan berhasil yaitu akan memperoleh:
1. Kepuasan
Mendapatkan kepuasan karena bisa berbagi gagasan, pemikiran, wawasan, pengalaman dengan orang lain yang mungkin bermanfaat.
2. Reputasi
Reputasinya akan naik karena bisa dikenal oleh siswa, guru, atau orang lain di tempat penyebaran buku. Web-nya banyak dikunjungi, orang bertanya, sosmed dikenal, mendapatkan subscribe. Kalau tak ada indikasi tersebut berarti bukunya tak laku.
3. Karir
Dengan terbitnya bku maka akan mendapatkan nilai yang bisa untuk kenaikan pangkat, karena buku tersebut ada keterangan dari penerbit dengan ISBN nomor sekian.
4. Uang
Kalau bukunya laku di pasaran maka akan mendapat royalty dari penerbit, semakin besar semakin berhasil. Kalau hanya di pajang di toko buku yang rugi penerbit.
Sebenarnya
indikator buku itu akan sukses atau tidak, sudah kelihatan di awal dalam proses
penilaian oleh penerbit. Sistem penilaian penerbit yang digunakan sebagai
analisis ketersuksesan sebuah buku:
1.
Editorial dengan bobot 10%
Editorial yang menyangkut berbagai aspek
ternyata hanya berbobot 10 persen dari keseluruhan tingkat kesuksesan.
2.
Peluang Potensi Pasar dengan bobot 50%
Peluang pasar dalam hal ini pangsa pasar
atau pembaca sasaran adalah penyumbang bobot terbesar kesuksesan sebuah buku menurut
penerbit.
3.
Keilmuan dengan bobot 30%
Tingkat kedalaman ilmu buku yang dicetak
memiliki bobot kedua terbesar tingkat kesuksesan menurut analisis penerbit.
4.
Reputasi Penulis dengan bobot 10%
Ternyata reputasi penulis hanya
menyumbangkan kesuksesan buku yang sama bobotnya dengan editorial.
Bagi
penerbit kesuksesan buku sangat diharapkan karena akan memberikan keuntungan
yang besar. Oleh karena, itu penerbit menganalisis berdasarkan kuadran
katergori naskah untuk menentukan oplahnya.
Proses
penerbitan tidak lepas dari jumlah cetak (oplah). Jumlah cetak tergantung dari
posisi buku berada di kuadran mana. Pada gambar 2 dibaca searah jarun jam
1. Tema tidak populer tetapi penulis populer maka akan terjadi market sempit lifecycle panjang. Penerbit tidak rugi tetapi laku tertunda,karena buku laku sepanjang masa meskipun tak di update, tak direvisi. Bahkan penulisnya sudah meninggal tetapi masih laku karena buku-buku tentang ilmu murni misal matematika dasar, fisika dasar, dll. yang tak akan berubah teorinya. Buku-buku ini bisa dicetak dengan jumlah menengah karena kalau terlalu banyak akan numpuk di gudang.
2. Tema populer penulisnya juga populer, ini peluang paling diharapkan penerbit karena sama-sama panjang baik market maupaun lifecycle. Buku yang paling disukai penerbit karena buku-buku semacam itu selalu laku dalam jumlah besar. Misal ensiklopedi komputer, ensiklopedi tokoh dunia, ensiklopedi pramuka, kamus komputer dsb.
3. Tema populer tetapi penulisnya tidak populer maka analisisnya market lebar tetapi lifecycle pendek. Ini cocok bagi penulis pemula disarankan. Yaitu buku-buku tergantung perkembangan teknologi seperti buku informatika, buku komputer. Sekarang buku dicetak bulan depan ada rilis baru, maka buku itu tak laku maka harus direvisi supaya laku. Buku cetakan yang lama biasanya dimusnahkan penerbit supaya tak menimbulkan biaya gudang.
4. Tema tak populer demikian juga penulisnya tak populer maka pasti ditolak penerbit. Biasanya berita-berita harian, mingguan.
Tema
yang sedang dibutuhkan masyarakat itulah yang dinamakan tema populer. Untuk
mengetahui tema itu populer atau tidak maka dicari di google trend. Sedangkan untuk mencari peluang pasarnya lihat
grafisnya cenderung naik, turun, atau stabil. Kalau stabil di atas berarti punya
peluang yang bagus. Perlu diperkirakan juga sampai kapan peluang itu ada. Yang paling
enak adalah buku pelajaran yang akan selalu laku di awl semester.
Untuk
megetahui reputasi penulis dapat dilihat di (kala dosen) google schooler atau google
cendekia akan kelihatan sudah punya karya berapa buku, berapa jurnal. Karya-karya
yang dihasilkan banyak dibaca atau dicari orang atau belum, sudah banyak
dikutip atau belum. Yang bisa dipertanggungjawabkan apabila minimal disitasi
2000x oleh pembaca. Kalau guru pernah menulis buku belum, tracks record-nya bagaimana, mengajar mata pelajaran apa saja, pendidikannya
bagaimana, komunitasnya seperti apa, kalau medsos blog-nya bagus pengikutnya (banyak) merupakan peluag pasar, atau di
FB jadi admin grup yang anggotanya ribuan juga merupakan peluang besar.
Selain
itu penerbit juga tak pernah melihat dan mempedulikan seligkung apapun yaag
penting gaya selingkung dalam satu naskah itu konsisten di awal pakai gaya (American Psychology Association) APA
diakhir pake gaya APA, kalau di awal (Michigan
Language Association) MLA sampai akhir tetap MLA.
Dari
sekian banyak penulis, ada yang mempunyai sifat idealis ada nada yang
industialis. Penulis yang idealis cenderung tak butuh duit, tak pernah tanya royalty dll. Misalnya punya masalah
dengan penerbit tentang judul buku yang kurang bagus walaupun kontennya sangat
bagus. Tetapi judul tak boleh diganti karena bisa mengubah persepsi.
Sebenarnya
penulis idealis itu dulunya penulis industrialis (yang semata-mata tentang
uang, finansial) tetapi sejalan dengan berjalannya waktu berubah menjadi
penulis idealis. Biasanya para guru besar yang memiliki visi idealis karena
konten keilmuannya tinggi. Padahal penerbit lebih memilih buku dengan konten
dasar yang punya pangsa pasar pembaca cukup luas. Karena keuntungan penerbit
jika laku lebih dari 3.000 eksemplar.
Sebelum
calon buku diterbitkan terlebih dahulu melalui proses administrasi. Proses
menggambarkan ststus naskah sampai dimana. Yang biasa dintanyakan adalah royalty. Padahal royalty diberikan apabila buku sudah laku dan diberikan persemester.
Penerbit
Andi menerima naskah buku senabanyak 300 sampai 600 naskah perbulan. Padahal
naskah yang diterima hanya 40-60 naskah. Naskah yang diterima itu :
1. Naskah yang diterbitkan yang laku di pasar menurut analisis penerbit;
2. Naskah terbit berdasarkan Mou antar lembaga, jadi harus ada lembaga yang menaungi penulis misal PGRI;
Kalau bukan skema 1 atau 2 maka buku dapat diterbitkan apabila:
3. Naskah terbit berdasar Mou perorangan;
4. Naskah terbit berdasar Program Andi Pro Litersai, Penulis meyediakan dana 10 jt. Buku tak diedarkan tetapi dijual dalam bentuk e-book.
Dalam
menulis buku harus melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) agar cepat
dan aman.
Langkah pertama : membuat buku Sinopsis (di cover belakang) yang ditulis dalam sebuah paragraf berisi :
1. Konten buku secara singkat apa saja yang menarik dalam buku itu;
2. Prasarat untuk membaca buku yaitu buku itu untuk SD, SMP dst. Jurusan apa
3. Tujuan buku ditulis supaya apa pembaca itu, golnya apa,
4. Konsumen siapa yang dituju apa ibu-ibu se-Indonesia
Langkah kedua :
1. Menentukan tujuan penulisan buku lebih detail dan lebih dalam.
2. Membuat kerangka karangan/outline berupa daftar isi. Daftar isi dibuat dulu agar tahu progresnya. Jangan menulis buku kalau daftar isinya belum jadi.
Langkah ketiga : membuat tujuan dan
manfaat lebih dalam dan lebih luas. Dijelaskan angka-angka lebih jelas sasaran
pembaca dari sisi apa buku ini menang dari buku pesaing. Dipakai untuk siapa
ada berapa. Misal untuk siswa SD, siswa SD seluruh Indonedia ada berapa dst.
Langkah keempat : Mejelaskan tujuan buku untuk siapa (pembacanya)
dan bagaimana. Dihalaman paling akhir buku yang ber-ISBN akan didokumentasikan
di Perpusnas.
Langkah kelima : Lembar tentang penulis
disesuaikan konten buku dana ditulis dalam 1 paragraf.
Tidak
ada satu judul buku pun di dunia yang ditulis dan diterbitkan tanpa referensi
buku yang lain, jika menulis satu judul buku hanya dengan 1 referensi buku yang
lain disebut plagiator. Jika menulis satu judul buku dengan banyak buku yang
lain disebut riset. Tapi belum ada aturan jumlah buku referensi, semakin banyak
semakin bagus. Cara mengutip buku itu yang disebut selingkung harus tertib.
No comments:
Post a Comment
TERIMA KASIH