PERSONAL
BRANDING PENULIS
Gramedia adalah sebuah korporasi bisnis jadi
orientasi mereka adalah menjual, pasar jadi kalau tidak terjual tidak akan memberi
keuntungan. Jadi pertama tulis buku yang disukai pasar dan harus mengenal genre diri sendiri, passion-nya dimana misal di cerita anak. Kedua harus membaca buku-buku
yang menjadi genre Anda yang diterbitkan
oleh penerbit tersebut, kalau di Gramedia bagaimana, kalau di Changes Publisher seperti apa.
Di penerbit Gramedia menggunkan kuisener untuk
survei dan riset buku yang laku. Dari riset Gramedia terlihat buku yang
terlaris adalah novel, yang kedua tentang traveling,
ketiga komik, dan yang keempat tentang motivasi. https://youtu.be/-VRlzTu_O4M
Amir Faisal. Beliau adalah Seorang Trainer
sekaligus motivator nasional yang sudah terkenal di Indonesia. Buku-buku yang
beliau tulis juga cukup banyak. Anda bisa membacanya di blog https://www.spiritualquantum.com/about/
JAWABANNYA
1.
Semula narasumber hanya mentraining anak sekolah
dan mahasiswa. Kemudian membuat tantangan untuk mentraining guru. Beliau
menyebutnya gila, tidak tahu ilmu pendidikan berani mentraining guru? Maka
beliau belajar buku-buku pendidikan mutakhir dari Bobbi DePorter, Barbara
Prashnig, buku-buku psikologi dr Daniel
Goleman, Howard Gardner, Thomas Armstrong dan ikut trainingnya pak Munib Khatib,
sekolahnya manusia. Intinya tentukan dulu visi/dream, kenapa ingin jadi penulis. Lalu hadapi
tantangan-tantangannya dengan gagah berani. Beliau membangun konsistensi
menulis kuncinya pada passion of life.
Trik
beliau mengubah profesi dari pengusaha dan konsultan menjadi penulis, karena :
1.
⃣ Hati saya
sudah tidak bahagia lagi hidup sebagai kontraktor;
2.
⃣ Kemudian
menemukan Life Cycle beliau;
Cari expertise
dan specialties. Kalau perlu unique-nya.
Langkah-langkah
stategis untuk membangun personal branding
dengan:
1.
⃣Menulis
buku di penerbit nasional;
2.
⃣Aktif
menjadi narasumber. Kalau perlu gratiskan;
3.
⃣Melalui Medsos : -Punya website dan aktif menulis artikel, FB, IG dsb.
2.
Buku pertama beliau selesai sekitar setahun.
Kedua sekitar 6 bulan. Kalau sekarang bisa 2 bulan. Kajian pustaka itu sifatnya
hanya penguatan. Penerbit lebih menyukai karya original dari pikiran, perasaan,
gagasan Anda sendiri.
Buku
“Menyiapkan Anak Jadi Juara” yang
ditulis oleh beliau terinspirasi :
1.
Ketika beliau memberikan Motivasi pada anak-anak
sekolah, merasa ada sesuatu yang salah. Seharusnya motivator anak-anak adalah
gurunya sendiri. Apalah artinya kehadiran diri beliau yang hanya 4 - 5
jam, dibanding para guru yang membimbing
selama 3 tahun;
2.
Beliau membandingkan kedua anaknya, yang
kebetulan yang satu di SMP favorit dan lainnya di SMA runner up.
Banyak
kendala yang dihadapi beliau untuk menulis dan menerbitkan buku. Ada dua buku
yang hingga kini tidak diterbitkan. Tetapi beliau jadikan sebagai identifikasi
masalah.
Gramedia
tidak ingin buku yang tebal. Yang penting adalah kualitas tulisan, genre-nya
dan buku itu disukai pasar atau tidak. Gramedia memiliki kriteria khusus :
-
Temanya Ilpop,
tidak banyak teori;
-
Semakin banyak hal-hal praktis semakin baik;
-
Menarik perhatian banyak orang.
Buku
cetakan Gramedia itu yang laris Novel Motivasi. Sebaiknya yang ingin menulis
novel, baca-baca Novel terbitan Gramedia atau patner, disana bisa dipelajari. Kemudian beli beberapa yang genre-nya cocok dengan calon penulis. Yang
dimaksudkan dengan genre itu adalah
sifat genetik karya seorang penulis. Bukan bidang atau tema bukunya. Misalnya
novel itu, genre pada cerita anak-anak, roman, psikologi, motivasi, traveling dsb
Agar
tidak ditolak oleh penerbit dan buku kurang diminati publik, makanya harus
gigih ikut marketing lewat medsos.
Bagi buku-bukunya pada key
person/influencer dsb.
Kelebihan
buku seorang penulis yang menentukan adalah pembaca. Penulis mengikuti kriteria
yang ditentukan oleh bpenerbit dan dikirimkan full naskah.
Ada
buku yang di obral di Gramedia :
1.
Terbitan lama
2.
Tidak laku-laku
3.
Isunya sudah lama.
3.
Seorang penulis artikel untuk dapat meberbitkan
buku harus mengumpulkan terlebih dahulu menjadi sebuah buku baru ajukan ke
penerbit untuk dijadikan buku. True story bisa juga diterbitkan asal
fenomenal. Misalnya pengalaman memberikan tutorial pada anak berkebutuhan
khusus, pada anak-anak miskin, anak-anak di Rumah singgah dll.
Tulisan
tentang keadaan sekarang dalam suasana pandemi covid-19 yang menyangkut segala permasalahan dalam pembelajaran
daring, serta solusinya, karena saat ini di lapangan ada permasalahan yang
dihadapi siswa, orang tua siswa dalam pembelajaran daring tetapi bisa tetapi setting-nya umum. Jangan hanya segmen
sekolah/lembaga pendidikan saja, tetapi umum.
4.
Agar tulisan yang di blog itu mudah diakses di Google atau jadi trending topic di laman atas mesin searching Google dengan menggunakan SEO.

No comments:
Post a Comment
TERIMA KASIH